Minggu, 07 Februari 2016

Manfaat Tanaman Hias Sansevieria

Manfaat tanaman hias Sansevieria – Sansevieria atau yang akrab disebut dengan lidah mertua ini adalah salah satu dari sekian banyak tanaman hias obat yang populer di Indonesia. Nama tanaman ini dalam bahasa Inggris, selain dikenal dengan Sansevieria juga dinamai snake plant, mother-in-law´s tongue, devil’s tongue, jinn’s tongue, dan bow string hemp. Bentuknya yang menjulur ke atas dan tajam membuatnya menyerupai lidah oleh karenanya sering disebut sebagai tanaman hias lidah mertua. Tanaman ini merupakan jenis tanaman yang mudah tumbuh pada daerah tropis, maka tidak heran jika tanaman sansevieria di Indonesia populasinya cukup banyak. Tanaman ini banyak digemari karena selain bentuk fisiknya yang cantik dengan berbagai macam corak warna, daya tahan dari tanaman hias ini juga sangat tinggi. Tak heran kita akan sering menemui tanaman ini di dalam maupun ruang ruangan sebagai aksen penghias.
Sansevieria mempunyai daun yang beraneka ragam warnanya, mulai dari hijau tua, hijau muda, hijau abu-abu, perak, hingga warna kombinasi antara putih kuning atau hijau kuning. Motif alur atau garis-garis yang terdapat pada helai daun juga bervariasi, ada yang mengikuti arah serat daun, tidak beraturan, dan ada juga yang zig-zag.
tanaman-hias-Sansevieria
Ciri sansevieria (lidah mertua) secara umum mempunyai rimpang, memiliki daun yang tebal yang bagian ujung daunnya runcing. Tanaman hias ini juga dapat menyimpan air dalam jumlah yang cukup banyak pada seluruh bagian tubuh, sehingga dapat hidup pada daerah yang kering dan tandus sekalipun.
Tanaman ini mempunyai sekitar 70 macam spesies. Beberapa spesies sansevieria antara lain; Sansevieria angustiflora , S. cylindrica, S. dawei, S. ehrenbergii, S. grandis, S. hyacinthoides, S. kirkii, S. metallica, S. trifasciata, dan lain-lain.

Manfaat Tanaman Sansevieria Sebagai Tanaman Hias Pembersih Udara

Selain sebagai tanaman hias, ternyata Sansevieria atau lidah mertua mempunyai manfaat yang sangat baik, yakni mampu menyerap racun (polutan) berbahaya di udara. Tanaman sansevieria atau Lidah Mertua merupakan tanaman hias pembersih udara, karena bisa membersihkan udara sekitar dengan cara menyerap dan menetralisir polutan (racun) dari udara. Berbagai jenis racun yang dapat diserap oleh Sansevieria antara lain karbonmonoksida, nikotin, benzene, formaldehyde, trichloroethylene, hingga dioksin.
Dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA; National Aeronautics and Space Administration), sansevieria atau lidah mertua memiliki kemampuan untuk menyerap sampai 107 jenis unsur berbahaya (racun atau polutan). Riset atau peneletian lainnya menyimpulkan bahwa dengan hanya 5 helai daun sansevieria dewasa, sudah mampu menyerap dan membersihkan ruangan yang luasnya 100 m3 dari berbagai jenis polutan.

Manfaat Tanaman Sansevieria Sebagai Tanaman Hias Obat

Selain manfaatnya sebagai tanaman hias penyerap racun, Sansevieria atau lidah mertua ternyata juga memiliki manfaat lain yang sangat penting yakni sebagai tanaman hias obat, antara lain manfaatnya seperti: penutup luka, antiseptik, obat wasir, cacar, cacing, penyakit mata dan telinga, dan juga sebagai bahan minuman penyegar tubuh. Beberapa jenis sansevieria juga berkhasiat sebagai anti malaria, anticendawan, antikolesterol, sampai antikanker.
Melihat manfaatnya yang sangat banyak, tanaman hias ini sangat cocok untuk anda jadikan salah satu tanaman hias yang anda tanam atau letakkan di rumah anda. Dengan terdapatnya tanaman Sansevieria di rumah anda, maka udara di rumah anda akan terasa sejuk dan segar untuk dihirup selain itu anda dapat mengambil manfaat lainnya yakni sebagai tanaman hias obat.
Mungkin sekian artikel kali ini dari tanamanhiasan.com, semoga memberikan informasi dan menambah wawasan anda. Pintar-pintarlah memilih tanaman hias untuk rumah anda, bukan hanya menikmati keindahannya tapi juga manfaat-manfaat yang bisa diberikan untuk anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar