Minggu, 07 Februari 2016

Cara Merawat Tanaman Hias Begonia

Tanaman hias Begonia - Ada berbagai macam jenis tanaman hias yang sering kita jumpai ditanam dipekarangan rumah ataupun di taman, dari kesemua jenis itu ada tanaman yang tidak hanya dimanfaatkan sebagai penghias untuk memperindah rumah hunian, akan tetapi mempunyai manfaat lain sebagai tanaman obat. Salah satu tanaman hias yang juga memiliki manfaat sebagai obat adalah tanaman hias begonia
Tanaman jenis ini berasal dari kelaurga tanaman Begoniaceae yang memiliki sekitar 1500 spesies dimuka Bumi, di Indonesia sendiri terdapat sekitar 200 jenis tanaman hias begoonia yang tersebar keseluruh Indonesia. Di alam liar tanaman hias begonia tumbuh diantara semak-semak, sehingga jarang diperhatikan keberadaannya. Beberapa jenis dari tanaman ini memang biasa-biasa saja, namun ada sebagian dari jenisnya yang sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias karena keindahan bunga yang dihasilkannya.
Tanaman hias begonia, biasanya tumbuh pada daerah hutan basah serta tempat-tempat yang lembab, di bawah naungan pohon atau tanah humus. Tanaman ini mempunyai daun dan bunga  yang bentuk, corak, warna, serta ukurannya sangat bervariasi. Tanaman ini biasaya berbunga pada bulan Juni - September.
Beberapa jenis Tanaman Begonia mempunyai bentuk daun agak oval dengan serat yang tegas, jika dilihat bentuknya menyerupai lidah.  Selain itu daun yang dimiliki Tanaman Begonia mempunyai bulu daun yang menyerupai permadani  halus dan tebal seperti  sutera, sehingga  sebagian penggemar tanaman hias menyebutnya sebagai tanaman lidah yang halusnya-sehalus permadani berbahan sutera.
Ada juga jenis Begonia yang  terbentuk dengan permukaan daun yang berlilin dan lembut, ada juga yang kasar dan penuh kerutan. Namun Hampir semua Begonia daunnya menghasilkan rizoma yang menjalar ataupun berada di dalam tanah.
Tanaman ini sangat cocok untuk anda letakkan dipekarangan rumah, dengan dijadikan sebagai tanaman hias dalam pot. Untuk lebih mengetahui beberapa jenis tanaman hias begonia yang dapat anda jadikan tanaman hias di rumah anda, berikut tanamanhiasan.com berikan ulasannya.

Jenis-Jenis Tanaman Hias Begonia

Tanaman hias begonia ada berbagai macam jenis, namun hanya beberapa jenis yang cocok untuk dijadikan tanaman hias. Berikut 3 jenis tanaman hias Begonia.
1. Rex Begonia 
tanaman-hias-rex-begonia
Tanaman Hias Begonia yang termasuk dalam klasifikasi Rex Begonia ini  terdiri dari : merry christmas, silver sweet, helen teupel
2. Rhizomatous Begonia 
tanaman-hias-rhizomatous-begonia
Tanaman Hias Begonia dalam yang masuk dalam kategori Rhizomatous Begonia terdiri dari : begonia erythrophylla, begonia bessie buxton, begonia maphil, begonia joe hayden, begonia iron cross.
3. Basket Begonia 
tanaman-hias-basket-begonia
Tanaman Hias Begonia yang masuk dalam kategori Basket Begonia  adalah  : abel carriere, faliosa.

Cara Merawat Tanaman Hias Begonia

  • Tanaman Hias Begonia adalah jenis tanaman yang menyukai daerah tumbuh yang cukup lembab, sehingga proses penyiraman adalah proses terpenting dalam perawatan tanaman  ini. Tanaman ini setidaknya harus disiram 2 kali sehari, yakni pada pagi hari dan sore hari.
  • Setelah penyiraman, hal yang harus diperhatikan selanjutnya adalah perawatan untuk mempercantik dan agar tanaman begonia terlihat sehat maka ada baiknya dilakukan perawatan seperti cara merawat tanaman hias anthurium, yakni dengan mengkilapkan daunnya dengan menggunakan bahan tertentu yang aman jika digunakan.
  • Penyinaran juga harus sangat diperhatikan agar tanaman ini tumbuh dengan baik. Tanaman hias begonia harus mendapatkan asupan cahaya matahari yang cukup, namun tidak disinari secara langsung, oleh karenanya, baiknya tanaman ini diletakkan di teras-teras rumah ataupun di dalam rumah. Bisa juga penempatan Tanaman Begonia pada tempat-tempat lain yang teduh, misalnya di bawah pohon atau naungan paranet.
  • Cara pengembanganbiakan Tanaman hias ini dapat dilakukan dengan beberapa cara. Salah satunya yakni dengan mengembangkan Begonia dengan Setek irisan daun. Cara yang satu ini, adalah cara yang paling sering digunakan untuk mengembangbiakkan tanaman hias begonia. Stek irisan daun memiliki kelebihan yakni dari satu daun dapat dihasilkan beberapa tunas baru.
  • Tindakan perawatan yang tidak kalah penting adalah pemberian pupuk. Pupuk yang diberikan untuk tanaman ini sebaiknya mengandung kandungan yang seimbang antara unsur N, P, dan K yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan untuk tumbuh dengan baik. Pada saat pemberian pupuk, anda harus melakukannya secara hati-hati karena Begonia mempunyai akar serabut di bagian rizomanya yang sensitif. Pemberian pupuk jangan terlalu sering dilakukan, cukup diberikan sekitar 6 bulan sekali sekaligus pada saat penggantian media tanam, karena jika sering dilakukan pemupukan akan terjadi akumulasi garam pada area perakaran dan menyebabkan akar mudah busuk.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai beberapa macam jenis tanaman hias begonia serta cara merawatnya, mungkin tulisan diatas masih sangat kurang. Namun, kami berharap tulisan tersebut dapat sedikit memberikan wawasan dan informasi kepada anda utamanya pecinta tanaman hias begonia. Kunjungi juga tanaman hias pembersih udara, untuk mengetahui tanaman yang dapat menyehatkan rumah anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar